18/07/2009

Universitas Al-Ghifari

Selayang Pandang

Universitas Al-Ghifari berdiri pada tanggal 15 Agustus 2002 berdasarkan SK Mendiknas No. 180/D/O/2002. Pendirian Universitas Al-Ghifari diprakarsai oleh Sali Iskandar, Drs., Sebagai salah satu wujud dari visi dan misi Yayasan Al-Ghifari yang diselaraskan dengan cita-cita Nasional Bangsa Indonesia yaitu ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa pada bidang pendidikan tinggi. Keinginan tersebut diwujudkan dengan menggabungkan dua Sekolah Tinggi yakni STBA Jabar yang berdiri tahun 1998 (kini menjadi Fakultas Sastra), dan STIE Jabar (kini menjadi Fakultas Ekonomi), kemudian ditambah dengan tiga Fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan Fakultas Teknologi, menjadi sebuah Universitas yang diberinama UNIVERSITAS AL-GHIFARI.

Dalam perjalanan dari sekolah Tinggi menjadi Fakultas, berbagai perubahan pun dilakukan baik dari infra struktur, kurikulum serta perubahan yang berkenaan dengan kemajuan fakultas-fakultas yang ada di lingkungan Universitas Al-Ghifari.

Universitas Al-Ghifari pada tahun Akademik 2009-2010 menyelenggarakan Program Peduli Pendidikan Masyarakat Jawa Barat (P3MJB). Program tersebut memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Jawa Barat untuk mendapatkan pelayanan pendidikan di Universitas Al-Ghifari dengan biaya yang sangat terjangkau.

Visi
Menjadi Perguruan Tinggi yang Islami, Unggul dan Berdaya saing tinggi serta berpegang teguh pada kearifan budaya lokal.

Misi
Menyiapkan lulusan yang berakhlak mulia, profesional, berwawasan global dan terbuka, berjiwa kewirausahaan, trampil menggunakan sistem komputerisasi mutakhir yang relevan dengan kebutuhan pasar seta berpegang teguh pada kearifan budaya lokal.

Tujuan
Penyelenggaraan P3MJB memiliki tujuan sebagai berikut :

1.Menampung animo atau minat masyarakat Jawa Barat yang ingin melanjutkan pendidikan ke berbagai program studi yang berada di lingkungan Universitas Al-Ghifari.
2.Memberikan pelayanan pendidikan yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat Jawa Barat, terutama kelas menengah ke bawah.
3.Berbekal pendidikan yang diperoleh dari Universitas Al-Ghifari kelak secara tidak langsung ikut mendorong masyarakat meningkatkan taraf kesejahteraannya.

Persyaratan Pendaftaran,

* Penduduk Jawa Barat (ditunjukkan dengan foto copy KTP)
* Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tiga tahun terakhir
* Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :

1. Foto copy STTB, UN dan SKKB yang telah dilegalisir oleh pejabat

berwenang masing-masing 1 lembar

2. Menyerahkan foto hitam putih 2×3 (3 lembar) dan berwarna 3×4 (3 lembar).

Program Studi

Program Studi yang diselenggarakan dalam P3MJB yaitu :

1.Bahasa Inggris (S-1)
2.Bahasa Inggris (D-3)
3.Manajemen (S-1)
4.Farmasi (S-1)
5.Hubungan Internasional (S-1)
6.Administrasi Negara (S-1)
7.Teknologi Pangan (S-1)
8.Teknologi Industri Pertanian (S-1)

Lembaga Kemahasiswaan

Badan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Forum Studi & Silaturahmi Mahasiswa (FIRST), Bengkel Seni Mahasiswa (BESMA), Mahasiswa Pencinta Aam (MACALA), Korps Suka Rela (KSR), Forum Olah Raga Mahasiswa (Forma) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – Perguruan Tinggi (HIPMI-PT).

Tempat Pendaftaran,

Jalan Cisaranten Kulon No. 140 Soekarno-Hatta Telp. (022) 7835813, (022)91525795 Bandung 40293

2 komentar:

Unknown said...

sekarang akreditasinya apa .,.,?

Unknown said...

akreditasinya apa.,.,.,?